Prinsip Manajemen Waktu
Prinsip Manajemen Waktu
Prinsip manajemen waktu pertama kali yang saya lakukan
ialah ketepatan waktu. Menurut saya waktu yang kita punya itu terbatas, maka
dari itu waktu harus kita manfaatkan sebaik-baiknya. Alangkah baiknya kita
hadir lebih awal ketimbang dating benar benar pas waktunya agar kita bisa
mempersiapkan lebih untuk menghadapi sesuatu. Misalnya apabila kita akan
mengajar di suatu laboratorium, menurut saya lebih baik datang 1 – 2 jam lebih
awal, dan waktu tersebut dapat dimanfaatkan untuk belajar tentang materi yang
akan kita ajar nanti ke praktikan. Atau misalkan ketika kita membuat janji
untuk bertemu dengan seseorang, mungkin datang 10 menit sebelum waktu janjian
bisa sampai duluan, agar dapat mensurvey lebih tentang aktifitas yang akan
dilakukan. Jika ketepatan waktu ini tidak dijalankan, efek samping yang
ditimbulkan adalah ketidakteraturan dalam hidup, seperti terlambat yang dimana
juga akan merugikan orang lain juga.
Yang kedua menurut saya dalam manajemen waktu ialah work
hard play hard, ketika kita menghabiskan waktu untuk bekerja, kita juga
harus menyeimbangi dengan beristirahat, ataupun melakukan kegiatan yang kita
sukai. Agar pikiran tidak cepat stress dan dapat santai untuk melakukan
kegiatan bekerja di hari esok. Dengan istirahat yang cukup, serta tidak
memikirkan tentang pekerjaan di hari pekan atau hari libur dapat mengurangi
stress dan juga dapat menjaga kesehatan kita.
Yang ketiga adalah bekerja sesuai kemampuan, dalam hal ini
sebenarnya apabila kita memaksakan diri dalam bekerja menurut saya tidak apa
apa, asalkan selama badan dan pikiran masih sanggup. Akan tetapi apabila badan
dan pikiran tidak sanggup, alangkah baiknya kita beristirahat terlebih dahulu
sembari memilah mana pekerjaan yang sangat penting, mana yang tidak terlalu
penting(Gunakan skala prioritas).
Keempat adalah perencanaan yang baik dan matang. Ketika
kita merencanakan sesuatu, yang ditujukan untuk rekreasi ataupun untuk dalam
pekerjaan harusnya seoptimal mungkin. Optimal disini adalah, apa yang kita akan
kerjakan nanti hasilnya harus yang terbaik dan diselesaikan secepat mungkin. Selain
itu juga kalau sesuatu hal tidak direncanakan secara baik dan matang, hasil
yang di dapat tidak akan optimal.
Dan yang terakhir adalah dijaganya kesehatan. Terjaganya
kesehatan juga menjadi faktor dalam manajemen waktu menurut saya, dikarenakan
apabila kita sakit atau kurang sehat, maka manajemen yang tadi disebutkan tidak
berjalan maksimal, pasti ada saja yang terlewat atau tidak di kerjakan sama
sekali.
Komentar
Posting Komentar