Prinsip Manajemen Waktu


Prinsip Manajemen Waktu
          Prinsip manajemen waktu pertama kali yang saya lakukan ialah ketepatan waktu. Menurut saya waktu yang kita punya itu terbatas, maka dari itu waktu harus kita manfaatkan sebaik-baiknya. Alangkah baiknya kita hadir lebih awal ketimbang dating benar benar pas waktunya agar kita bisa mempersiapkan lebih untuk menghadapi sesuatu. Misalnya apabila kita akan mengajar di suatu laboratorium, menurut saya lebih baik datang 1 – 2 jam lebih awal, dan waktu tersebut dapat dimanfaatkan untuk belajar tentang materi yang akan kita ajar nanti ke praktikan. Atau misalkan ketika kita membuat janji untuk bertemu dengan seseorang, mungkin datang 10 menit sebelum waktu janjian bisa sampai duluan, agar dapat mensurvey lebih tentang aktifitas yang akan dilakukan. Jika ketepatan waktu ini tidak dijalankan, efek samping yang ditimbulkan adalah ketidakteraturan dalam hidup, seperti terlambat yang dimana juga akan merugikan orang lain juga.
          Yang kedua menurut saya dalam manajemen waktu ialah work hard play hard, ketika kita menghabiskan waktu untuk bekerja, kita juga harus menyeimbangi dengan beristirahat, ataupun melakukan kegiatan yang kita sukai. Agar pikiran tidak cepat stress dan dapat santai untuk melakukan kegiatan bekerja di hari esok. Dengan istirahat yang cukup, serta tidak memikirkan tentang pekerjaan di hari pekan atau hari libur dapat mengurangi stress dan juga dapat menjaga kesehatan kita.
          Yang ketiga adalah bekerja sesuai kemampuan, dalam hal ini sebenarnya apabila kita memaksakan diri dalam bekerja menurut saya tidak apa apa, asalkan selama badan dan pikiran masih sanggup. Akan tetapi apabila badan dan pikiran tidak sanggup, alangkah baiknya kita beristirahat terlebih dahulu sembari memilah mana pekerjaan yang sangat penting, mana yang tidak terlalu penting(Gunakan skala prioritas).

          Keempat adalah perencanaan yang baik dan matang. Ketika kita merencanakan sesuatu, yang ditujukan untuk rekreasi ataupun untuk dalam pekerjaan harusnya seoptimal mungkin. Optimal disini adalah, apa yang kita akan kerjakan nanti hasilnya harus yang terbaik dan diselesaikan secepat mungkin. Selain itu juga kalau sesuatu hal tidak direncanakan secara baik dan matang, hasil yang di dapat tidak akan optimal.
          Dan yang terakhir adalah dijaganya kesehatan. Terjaganya kesehatan juga menjadi faktor dalam manajemen waktu menurut saya, dikarenakan apabila kita sakit atau kurang sehat, maka manajemen yang tadi disebutkan tidak berjalan maksimal, pasti ada saja yang terlewat atau tidak di kerjakan sama sekali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Animasi Karakter

Konsep Dasar Computing

Struktur Website