Business Plan Powernet Indosolusi
Bussiness plan perusahaan powernet
A.
Ringkasan Eksekutif
Tujuan
dari Business plan ini adalah untuk mengekspansi target perusahaan yang berawal
dari perusahaan dibidang penyedia layanan internet menjadi perusahaan penyedia
layanan internet & software house .
1.
Deskripsi singkat perusahaan
Dibentuk
pada tahun 1995, powernet menjadi perusahaan yang menyediakan layanan jaringan
internet di indonesia. Dengan jaringan yang berbasis NAPInfo, Telkom &
Indosat, kami telah memuaskan banyak pelanggan di seluruh Indonesia dan negara
sekitar nya.
2.
Pembiayaan
Kami
sedang mencari pembiayaan untuk ekspansi bisnis ini dari investor.
Pembiayaan bisa dalam bentuk pinjaman
& investasi.
3.
Misi
Powernet
berusaha untuk menyediakan berbagai kebutuhan yang di perlukan konsumen dalam
bidang pembuatan software, tanpa menghilangkan identitas powernet sebagai
perusahaan konsultan jaringan.
4.
Prakiraan Penjualan
Dengan
berbagai pertimbangan, diperkirakan akan mendapakan nilai penjualan sekitar
Rp.42.000.000 perbulan atau sekitar Rp.500.000.000 per tahun.
5.
Keuntungan bersih per bulan & Break even
point
Keuntungan bersih perbulan adalah:
Rp.40.000.000
Break even point nya adalah:3-4 bulan
6.
Rencana Pengembangan
Tidak
hanya software house dan internet provider, kedepan nya kami juga berencana
untuk pembuatan alat elektronik.
B.
Latar Belakang Bisnis
Pada
masa ini, kebutuhan di dunia maya sangat tinggi. Bahkan menggantikan aktivitas
di lokasi secara langsung, contoh nya saja adalah proses jual beli yang
berpindah dari secara tatap muka menjadi secara online. Dan juga di era
sekarang banyak dibutuhkan nya pengolahan data dalam skala banyak(Big Data)
sehingga dalam keadaan tersebut kami ingin memanfaat kan kesempatan tersebut untuk
meluaskan perusahaan kami yang berawal dari penyedia internet menjadi software
house & penyedia internet.
C.
Analisis
pasar dan pemasaran
1.
Gambaran produk
Produk
kami adalah berupa jasa pembuatan program, dan harga yang diberikan tergantung
dengan tingkat kesulitan, tingkatan ini dibagi menjadi 3 yaitu:
-
Mudah(Program sederhana / program yang tidak
menggunakan desain) Harga: Rp.2.000.000
-
Menengah(Program yang tidak membutuhkan
pengolahan data secara kompleks)Harga: Rp.5.000.000
-
Sulit(Harga: 10.000.000)
2.
Gambaran Pasar
Pasar
utama kami adalah perusahaan yang membutuhkan program untuk menyelesaikan masalahnya
dan juga UMKM
D. Analisis
SWOT
-
Strength
1.
Segmentasi pasar yang luas
2.
Sedang dibutuhkan
-
Weakness
1.
Terlalu banyak saingan
2.
Keterbatasan kemampuan
-
Opportunity
1.
Mengembangkan bisnis di bidang IT lebih jauh
lagi
-
Threat
1.
Trend yang cepat berubah
2.
Pemain cukup banyak
E.
Proyeksi keuangan
Disini kami membagi biaya menjadi 2
bagian yaitu: biaya operasional & biaya pemasaran
-
Biaya operasional:
1.
Gaji Pegawai: Rp.20.000.000
2.
Sewa Tempat Meeting: Rp.5.000.000
-
Biaya Pemasaran:
1.
Biaya pembuatan web: Rp.1.000.000
Gambaran umum:
Perusahaan powernet ini awalnya bergerak di bidang
penyedia jasa internet, lalu melihat kesempatan untuk memperluas bisnis nya ke
bidang software house.
Komentar:
Hal ini bagus dilakukan
dikarenakan melihat peluang besar di bidang software house, sehingga di lakukan
keputusan untuk memperluas bisnis nya ke bidang software house.
Namun akan lebih baik
apabila identitas powernet sebagai perusahaan dibidang jaringan tetap terjaga, tidak
tertutup identitas nya oleh kehadiran software house tersebut.
Komentar
Posting Komentar